php7cc

Apakah itu tool php7cc?. php7c merupakan command line tool yang didesain untuk memudahkan developer/programmer untuk melakukan migrasi dari bahasa pemrograman PHP versi 5.3 – 5.6 ke PHP 7. php7cc mencari statement yang bermasalah pada code saat ini dan menampilkan laporan yang terdiri dari nama file, nomor baris, dan deskripsi singkat permasalahannya. Tool ini tidak secara otomatis menyelesaikan issue pada code yang akan digunakan pada PHP versi baru.

Apa saja permasalahan yang bisa dideteksi?
Ada dua tipe issue yang bisa dilaporkan oleh tool php7cc:

  1. Errors: yang mana pasti menyebabkan berbagai trouble (fatal, error pada sintaks, notice, dsb) pada PHP 7. Pada tipe ini akan ada highlight berwarna merah
  2. Warnings:  yang mana tidak menyebabkan error pada logic. Contoh, statement yang legal pada keduanya baik di PHP 5 maupun di PHP 7, tetapi merubah behavior antara kedua versi. Pada tipe ini akan ada highlight berwarna kuning.

Meskipun tool php7cc mencoba untuk mendeteksi banyak problem seakurat mungkin, terkadang untuk mencapai hasil 100 % sulit untuk diperoleh. Itulah kenapa sangat disarankan juga untuk run secara komprehensif kode-kode yang akan di migrasi.

Sebelum menjalankan tool php7cc, diperlukan php yang sudah terinstall, dengan minimum versi PHP 5.3.3. Silahkan di unduh file php7cc.phar pada page berikut ini : https://github.com/sstalle/php7cc/releases
Setelah selesai di download, selanjutnya pindahkan file php7cc.phar ke folder /usr/local/bin.
mv php7cc.phar /usr/local/bin/php7cc
Kemudian, silahkan di berikan hak akses 755 dengan melakukan chmod ke file tersebut.
chmod 755 /usr/local/bin/php7cc

Sebelum digunakan untuk melakukan cek pada file atau folder, kita bisa mendapatkan petunjuk teknis dengan memasukkan perintah berikut ini:

php7cc --help

Selanjutnya, silahkan dicoba menjalankan tool php7cc.
Terdapat dua opsi untuk cek:

  1. Cek file tunggal:
    php7cc file.php
  2. Cek folder:
    php7cc /direktori/

Sekian, semoga tutorial singkat ini dapat berguna bagi anda.

Reference:

https://github.com/sstalle/php7cc

MySQLTuner

Apakah itu MySQL Tuner?. MySQL Tuner merupakan tool yang sangat berguna bagi kita, terutama bagi para database admin, database engineer, maupun programmer yang sering berinteraksi dengan database MySQL.  Terkadang database MySQL yang kita kelola mengalami penurunan performa. Jika database MySQL kita diketahui terjadi perlambatan, maka kita perlu cara untuk mencari tahu apa penyebab dan bagaimana solusi nya. Saat ini ada beberapa cara untuk mengetahui penyebab perlambatan performa di MySQL. Tool yang perlu kita coba yaitu MySQLTuner. Bisa diakses di link berikut ini. https://github.com/major/MySQLTuner-perl

Perlu di ketahui tool ini bisa di jalankan pada Unix based OS (Linux, MacOS). Sekarang, kita mencoba untuk instalasi tool nya melalui command wget.
wget http://mysqltuner.pl/ -O mysqltuner.pl

Tunggu sampai proses download selesai. Berikutnya kita coba jalankan tool nya.
perl mysqltuner.pl

Jika anda akan tuning database diluar komputer anda, gunakan perintah di bawah ini.
perl mysqltuner.pl --host targetDNS_IP --user admin_user --pass admin_password

Sekian, semoga bermanfaat.

Reference:
https://github.com/major/MySQLTuner-perl

Apakah itu Git?

Git merupakan version control system yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak dan keperluan version control lain. Git dibuat oleh Linus Torvalds pada tahun 2005, yang awalnya digunakan untuk mengembangkan kernel Linux.

Source: https://en.wikipedia.org/wiki/Git